TANTANGAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN PASCA KEBENARAN
Abstrak
Era Revolusi Industri 4.0 berdampak dalam segala hal, termasuk dalam kehidupan orang Kristen. Tulisan ini bertujuan untuk memperlihatkan bagaimana Pendidikan Agama Kristen dapat berperan dalam membimbing generasi muda Kristen dalam menyikapi perubahan di era Revolusi Industri 4.0 serta derasnya hoaks akibat fenomena pasca kebenaran. Dengan kajian deskriptif dan metode studi kepustakaan, akan digambarkan kondisi dan tantangan yang dihadapi, khususnya sehubungan dengan penggunaan gawai sebagai piranti teknologi, serta peran PAK dalam menyampaikan kebenaran dan menjadi sarana untuk membimbing generasi muda yang sanggup menjadi saksi-saksi Kristus yang harus memegang teguh kebenaran dan membangun relasi yang baik dengan sesama.
Referensi
Aminah, A., & Sari, N. (2019). Dampak Hoax di Media Sosial Facebook Terhadap Pemilih Pemula. Jurnal Komunikasi Global, 8, 51–61. https://doi.org/10.24815/jkg.v8i1.13565
Baral, S. (2017, 5 Januari). How to Break the Habit of Checking Your Phone All the Time. Diambil dari https://www.mic.com/articles/164230/how-to-break-the-habit-of-checking-your-phone-all-the-time
Blaschke, L. M. (2013). E-Learning and Self-Determined Learning Skills. Dalam S. Hase dan C. Kenyon (Eds.), Self-Determined Learning: Heutagogy in Action (pp. 55–67). Bloomsbury.
Budiono, Aryanto. (2018). Inovasi Pengajaran Firman di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Prudentia, 1, 124-134.http://ejournal.sttbaptisjkt.ac.id/ index.php/prudentia
Chechowich, F. E. (2008). Our Global Task of Fellowship-Community: Life in the Body of Christ. Dalam R. T. Habermas (Ed.), Introduction to Christian Education and Formation: A Lifelong Plan for Christ-Centered Restoration (pp. 191–195). Zondervan.
Couric, K. (2015, 18 Mei). Katie Couric to Grads: Get Yourself Noticed. Diambil dari https://time.com/collection-post/3882654/katie-couric-graduation-speech-2015/
Degges-White, S. (2020, 13 April). Dealing With Zoom Anxiety. Diambil dari https://www.psychologytoday.com/us/blog/lifetime-connections/202004/dealing-zoom-anxiety
Eugenio, S. (2017, 9 Februari). 8 Cognitive Benefits of Playing Video Games for Kids. Diambil dari https://www.engadget.com/2017/02/09/8-cognitive-benefits-of-playing-video-games-for-kids/
Francis (2018, January 24). Message of His Holiness Pope Francis for World Communications Day 24 January 2018. Diambil dari http://w2.vatican.va/ content/francesco/en/messages/communications/documents/papa-francesco_20180124_messaggio-comunicazioni-sociali.html
Homrighausen, E.G. dan Enklaar, I.H. (2013). Pendidikan Agama Kristen. BPK Gunung Mulia.
Joy, D. M. (1985). Bonding: Relationships in the Image of God. Word Books.
Keyes, R. (2004). The Post-Truth Era: Dishonesty and Deception in Contemporary Life [ePub version]. Diambil dari https://us.macmillan.com
Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sundermann, 1, 28–43. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18
McComiskey, B. (2017). Post-Truth Rhetoric and Composition. Utah State University Press.
Molla, R. (2017, 17 Juli). Millennials have a Netflix account. Gen Z is playing video games. Diambil dari https://www.vox.com/2017/7/17/15961370/ millennials-netflix-account-gen-z-video-games-mobile-phone-nielsen
Reinke, T. (2017). 12 Ways Your Phone Is Changing You [ePub version]. Retrieved from https://www.crossway.org
Schwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum.
Socio Empath (2018, 28 April). Charles Cooley: I Am What I Think You Think I Am. Diambil dari //www.smartcasualsg.com/charles-cooley-sociology-quotes
Tim Survei APJII (2019). Laporan Survei: Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.
Weisberg, J. (2016). We Are Hopelessly Hooked. Diambil dari https://www.nybooks.com/articles/2016/02/25/we-are-hopelessly-hooked/
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##